search anything


You must enter at least 3 characters when searching...
...
Icon Close Hayyu Syar'i
hayyu syar'i 7 Tips Ibu Bagi Waktu untuk Karier dan Urusan Rumah Tangga
karir // 24 Agustus 2023
7 Tips Ibu Bagi Waktu untuk Karier dan Urusan Rumah
tangga

Menjadi wanita karir sekaligus seorang ibu memang nggak mudah. Tapi, hal itu bukan berarti kamu harus mengorbankan mimpimu untuk membangun karir. Supaya management time-mu sebagai seorang ibu yang hangat dengan keluarga dan pekerja yang kompeten, maka kamu bisa mengelola waktumu lewat tips-tips berikut ini. 

1. Buat agenda harian sebelum beraktivitas
Salah satu cara untuk melakukan pembagian waktu, bisa dengan membuat agenda harian. Dengan begitu, kamu tahu kegiatan apa yang harus diselesaikan dalam hari itu. Misal, hari ini, pulang kantor pada jam 3 sore, di saat yang sama kamu punya tanggungan untuk mencuci baju anak dan memasak makan malam. 

Maka, pakai batas sebagai pembagian waktu kapan harus mulai dan selesai mengerjakan kedua hal tersebut. Supaya nantinya kamu bisa istirahat maksimal saat keduanya sudah selesai. Bukannya malah langsung leha-leha dan baru teringat kemudian bahwa masih ada tanggungan rumah tangga. Padahal, pada saat itu sudah waktunya istirahat. 

2. Tekan jumlah distraksi saat bekerja
Saat di kantor, kamu akan banyak berinteraksi dengan teman kerja, seperti mengobrol. Selain itu, mungkin sepulang kerja mungkin temanmu juga bakal sering diajak keluar untuk bersenang-senang. Mengingat tanggung jawab lain di rumah, tentunya hal tersebut perlu dipertimbangkan, ya. 

Selama di kantor, usahakan pekerjaan selesai tepat waktu. Jadi, tidak perlu sampai lembur di rumah. Kalau sesekali keluar dengan teman memang boleh, tapi buat batasan dan beri pengertian pada teman kalau kamu tidak bisa terlalu sering hangout. Dengan begitu, kamu bisa menjaga quality time dengan keluarga. 

3. Jangan biarkan rasa bersalah menguasai
Sebagai seorang ibu yang masih harus bekerja, mungkin perasaan bersalah sering muncul karena kamu merasa tidak bisa memaksimalkan pembagian waktu dengan keluarga. Nah, hal ini sebetulnya tidak sehat untuk mentalmu loh. Lama-lama juga bisa berdampak negatif pada sekitar, termasuk hubungan dengan keluarga dan pekerjaan.

Oleh sebab itu, kamu hanya perlu mengubah pola pikir ini dan mengusahakan yang terbaik saja. Soalnya, Ibu yang bahagia itu bisa membuat anak semakin ceria juga loh. 

4. Pertimbangkan asisten atau tempat penitipan anak
Selama bekerja, tentunya akan kesulitan untuk mengurus si kecil. Kalau begitu, tidak perlu berpikir terlalu rumit, kamu bisa mempertimbangkan nanny atau menitipkan ke daycare sementara. Namun, perlu menyeleksi dengan benar nanny ataupun daycare yang akan dipilih ya. Jadi, perasaanmu akan lebih tenang dan si kecil juga senang. 

5. Sempatkan waktu untuk mengecek kondisi anak 
Untuk memastikan si kecil selalu baik-baik saja meskipun di luar pengawasan secara langsung, kamu juga bisa terus memantaunya dengan rutin loh. Caranya cukup mudah dengan selalu follow up perkembangan si kecil melalui nanny ataupun penanggung jawab daycare lewat chat. 

6. Ciptakan momen untuk family time
Kalau bisa mengelola pembagian waktumu dengan baik, maka hubungan dan quality time-mu dengan keluarga dapat terjaga. Supaya lebih maksimal, kamu juga perlu menciptakan momen family time di akhir pekan. 

Ada banyak opsi yang bisa dilakukan bersama keluarga. Mulai dari liburan ke taman wisata atau mall. Kalau ingin yang ekonomis tapi tetap bermakna, bisa mengajak anak dan pasangan untuk masak cemilan bersama. Tinggal sesuaikan saja dengan preferensi dan kondisi. 
 

7. Jangan takut meminta bantuan
Sebagai seseorang yang memegang dua jenis tanggung jawab sekaligus, terkadang ada masanya kita lelah sampai-sampai keteteran. Jika kamu menghadapi situasi seperti ini, maka janganlah takut ataupun sungkan untuk meminta bantuan dari orang sekitar. Seperti soal rumah tangga, kamu bisa membagi tugas dengan pasangan. Kalau kamu sudah memasak, maka pasanganmu bisa bertanggung jawab di cuci piring. Jadi, pikiranmu bakal lebih santai dan ringan. 

Menjadi seorang wanita karir ataupun ibu sama-sama hebat apalagi kalau menjalankan keduanya. Dengan tips pembagian waktu di atas, kamu bisa menjaga tanggung jawab dengan lebih seimbang. Namun, penting untuk dipahami bahwa selain menjaga tanggung jawab, juga perlu tetap merawat mental dan fisik misalnya dengan me time dan self reward. 

Nah, kalau ingin sesekali memberi self-reward untuk mempertahankan kesehatan mental dan fisik, maka bisa datang ke klinik kecantikan sekadar untuk relaks sejenak. Kalau wajah dan tubuh terasa relaks dan nyaman, maka akan lebih bersemangat menjalani aktivitas di rumah maupun kantor. Selamat mencoba!