search anything


You must enter at least 3 characters when searching...
...
Icon Close Hayyu Syar'i
hayyu syar'i Sering Terjadi! Kesalahan Pakai Sunscreen Ini Perlu Kamu Hindari
tips_kecantikan // 12 Oktober 2023
Sering Terjadi! Kesalahan Pakai Sunscreen Ini Perlu Kamu
hindari

Rutin pakai sunscreen sebelum keluar rumah memang penting. Tapi yang gak kalah penting lagi, bagaimana takaran pakainya? Apakah sudah tepat untuk melindungi kulit wajahmu?

Tak sedikit yang memilih memakai sunscreen tipis-tipis dengan alasan takut wajah jadi kusam, terasa berat dan bikin gak nyaman. Padahal, tebal tipisnya pengolesan sunsreen akan berpengaruh pada perlindungan kulit wajah kita terhadap paparan sinar matahari loh~

Paparan sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB sendiri, merupakan radikal bebas buat kulit kita. Tidak hanya membuat kulit jadi lebih gelap, radikal bebas juga membuat kulit memproduksi ROS (Reactive Oxygen Species) yang menyebabkan terbentuknya problem pigmentasi dan kerusakan kolagen. Akibatnya muncul problem kulit seperti flek, pori-pori besar, kerutan, kekenduran, pelebaran pembuluh darah kulit dan wajah terlihat lebih cepat menua.


 

Makanya, penting banget ya pakai sunscreen sebelum keluar rumah. Tapi gak sekadar dipakai aja, pemakaiannya juga harus tepat nih agar bisa memberikan perlindungan yang signifikan terhadap kulit kita.

Dalam ilmu dermatologi, sekali pengolesan sunscreen sebanyak 2 gr/cm2 merata di permukaan kulit, dengan metode tea spoon role (5 ml). Artinya, pengaplikasian Sunscreen tidak seharusnya dioleskan secara tipis-tipis, karena itu akan mengurangi daya perlindungan dari sinar matahari.

Misalnya, kalau kita punya sunscreen dalam kemasan 10 gram, seharusnya sih akan habis dalam 5 hari. Hayooo siapa yang punya sunscreen kemasan 10 gram tapi baru habis dalam sebulan? Artinya, sunscreen yang selama ini kamu pakai belum bisa memberikan perlindungan maksimal ya. So, yuk pelan-pelan diubah kebiasaannya dengan menggunakan takaran sesuai anjuran agar kulitmu juga terlindungi sepanjang hari.