search anything


You must enter at least 3 characters when searching...
...
Icon Close Hayyu Syar'i
hayyu syar'i Mom, Jangan Stres! Ini 7 Tips Asuh Anak untuk Ibu Muda
Tips Kesehatan // 29 Maret 2023
Mom, Jangan Stres! Ini 7 Tips Asuh Anak untuk Ibu
muda

Menjadi ibu muda pasti penuh dengan tekanan karena inilah pertama kalinya kamu harus mengasuh anak. Belum lagi banyaknya perbedaan pendapat dari orang tua yang meskipun niatnya hanya ingin membantu, justru dapat membuat kamu semakin bingung. Tidak perlu khawatir dan tetaplah tenang, kamu bisa mengasuh anak dengan lebih mudah jika menerapkan beberapa tips berikut. Simak, yuk!

1. Jangan sungkan minta bantuan

Terlepas dari seberapa besar rasa bahagiamu menjadi orang tua, ada hari-hari ketika kamu diliputi oleh tuntutan hidup, seperti pekerjaan kantor atau rumah. Pada situasi seperti ini, banyak perempuan merasa harus menanggung semuanya sendirian daripada mengakui bahwa kamu mungkin perlu meminta bantuan. Alhasil, kamu pun merasa stres. Keraguan untuk meminta bantuan, baik berupa nasihat sederhana atau dukungan, dapat menimbulkan efek negatif pada dirimu sendiri dan hubunganmu dengan anak.

Jadi, jangan sungkan minta bantuan. Orang-orang yang sayang dan peduli denganmu pasti dengan senang hati akan membantu. Kamu hanya perlu meminta karena terkadang, orang lain tidak tahu kamu sedang kesusahan jika kamu tidak mengatakan apa pun. Biarkanlah orang lain membantu meringankan beban yang kamu pikul. Misalnya minta bantuan pasangan untuk sementara waktu mengerjakan pekerjaan rumah, atau saudara untuk menemanimu sebagai moral support.

2. Lakukan rekreasi bersama keluarga

Tips mengasuh anak untuk ibu muda yang selanjutnya adalah melakukan rekreasi bersama keluarga. Bermanfaat meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental, rekreasi bersama keluarga dapat membuat keluarga menjadi lebih sehat dan bahagia. Anak bisa belajar aturan sosial yang tepat seperti bagaimana caranya bekerja sama. Rekreasi memberi keluarga kesempatan untuk terikat satu sama lain dan memperkuat hubungan satu sama lain.

3. Ajak anak untuk mengenal waktu tidur

Bagi anak, secara teratur mendapatkan jumlah tidur yang cukup dapat membantu meningkatkan perhatian, perilaku, pembelajaran, memori, serta kesehatan mental dan fisik secara keseluruhan. Jika anak kurang tidur, ia berisiko mengalami tekanan darah tinggi, obesitas, dan bahkan depresi.

Jadi, ajaklah anak untuk mengenal waktu tidur dengan cara menetapkan rutinitas waktu tidur yang konsisten. Rutinitas idealnya harus dimulai pada waktu yang sama setiap malam. Dengan mengenalkan waktu tidur dan membuat pola tidur untuk anak, kamu sebagai ibu muda pun akan mempunyai waktu yang lebih pasti untuk beristirahat.

4. Atur pola makan yang benar

Kesibukan sebagai orang tua bukan alasan bagimu untuk melewatkan waktu atau sembarang makan setiap harinya. Agar bisa merawat buah hati dengan maksimal, kesehatanmu harus diutamakan. Mengonsumsi makanan yang sehat tidak hanya penting untuk menambah tenaga, namun juga membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Jika kamu fit, maka kemampuanmu mengasuh anak juga jadi lebih baik.

Karenanya, usahakan untuk selalu penuhi asupan dengan menerapkan pola makan yang seimbang. Kamu sebaiknya banyak mengonsumsi protein, karbohidrat, sayur, buah, dan pastinya air putih. Pola makan sehat dan seimbang tidak hanya penting untuk menjaga kesehatan, namun juga berperan dalam menjaga kesehatan wajah dan kulit sehingga kamu akan selalu tampil cantik.

5. Rajin olahraga

Rajin olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan untuk ibu muda. Manfaat ini termasuk membantu penurunan berat badan, peningkatan kebugaran aerobik, interaksi sosial, dan kesejahteraan psikologis. Berolahraga pada periode post-partum adalah cara terbaik untuk kembali bugar dan tetap sehat. Setelah melahirkan, kamu bisa menunggu enam sampai delapan minggu sebelum benar-benar melakukan rutinitas olahraga.

6. Anak adalah sahabat

Dengan mindset anak adalah sahabat, kamu jadi bisa lebih bahagia untuk menghabiskan waktu bersamanya. Sebaliknya, jika kamu menganggap anak sebagai beban hidup, kamu pastinya akan selalu merasa lelah. Jadi, ingatlah selalu bahwa anak merupakan anugerah untuk menemani hidup. Ajaklah ia untuk melakukan hal yang seru denganmu layaknya seorang sahabat.

7. Lakukan me time

Ingat, kamu hanyalah manusia biasa yang juga butuh waktu untuk menyenangkan diri sendiri. Jika kelelahan sebagai ibu muda rasanya semakin sulit, kamu bisa rehat sejenak dengan melakukan me time. Me time akan memberimu waktu untuk mengurus diri sendiri, misalnya dengan melakukan perawatan wajah dan tubuh di klinik kecantikan. Dengan datang ke klinik kecantikan yang menyediakan berbagai macam pilihan perawatan untuk kulit wajah dan tubuh, kamu akan merasa lebih rileks dan tenang.

 

Itulah tadi beberapa tips mengasuh anak untuk ibu muda yang perlu kamu ketahui. Usahakan agar kamu jauh-jauh dari stres agar bisa menjadi ibu muda yang sehat dan selalu ada untuk buah hati tersayang. Semangat, ya!