search anything


You must enter at least 3 characters when searching...
...
Icon Close Hayyu Syar'i
hayyu syar'i Jerawat Hormonal dan Cara Mengatasinya
tips_kecantikan // 28 Juni 2023
Jerawat Hormonal dan Cara
mengatasinya

Jerawat oh jerawat! Kalau membahas problem kulit yang satu ini memang gak ada habisnya ya. Salah satu yang sering dikeluhkan oleh Hayfren saat ke Hayyu adalah jerawat hormonal. Yuk kupas tuntas tentang Jerawat Hormonal lewat Q&A bersama tim dokter Hayyu!

Q: Dok, saya kan sering jerawatan, ada yang bilang karena hormon, memang benar ya dok ada yang namanya jerawat hormonal?

A: Sebenarnya pencetus jerawat cukup kompleks. Biasanya didasari dulu oleh factor genetic yang membuat kulit sensitive terbentuk jerawat dan distimulasi oleh factor dari dalam. Seperti hormone, kondisi penyakit tertentu, stres dan factor dari luar seperti makanan, obat-obatan, paparan sinar matahari, polusi, make up/ skincare dan sebagainya.

Q: Kalau begitu memang benar ada yang namanya jerawat hormonal, ya dok?

A: Jadi masing-masing orang mempunyai dominasi yang berbeda terhadap factor pencetus yang tadi saya sebutkan. Nah, kalau faktor yang dominan adalah dari ketidakseimbangan hormonal, maka bisa dikatakan itu adalah jerawat hormonal. Dan sebenarnya 1/3 dari wanita di atas 21 tahun yang berjerawat adalah dari pencetus hormonal loh.

Q: Kenapa dok hormonal ini menjadi pencetus terbanyak pada orang yang berjerawat?

A: Bisa jadi karena cukup banyak hormone yang berpengaruh terhadap munculnya jerawat, yang membuat peningkatan produksi sebum atau minyak. Yaitu tidak hanya hormone androgen, tetapi juga hormone estrogen, progesterone, insulin, GH (growth hormone), dimana hormone-hormone itu juga berperan banyak dalam metabolism tubuh manusia.

Q: Biasanya apa sih dok ciri-cirinya jerawat hormonal?

A: Ciri-cirinya:

  • Biasanya waktu munculnya seiring dengan waktu menstruasi, yaitu di saat hormone estrogen dan progesterone menurun
  • Mudah menjadi parah ketika dipicu factor stress
  • Biasanya lokasinya di T zone, paling sering di dagu.
  • Jerawatnya cenderung besar dan sakit
  • Kulit cenderung berminyak
Q: Kalau begitu, ada tips gak dok bagaimana caranya mengatasi jerawat hormonal?

A: Memang lebih sulit dalam mencegah karena pengaruh dari sistemik tubuh kita, yang bisa kita lakukan adalah segera mengobati jerawat bila muncul jerawat, bisa menggunakan totol jerawat sesering mungkin, atau suntik jerawat di klinik.  Dan rutin melakukan perawatan di klinik dan menggunakan cream perawatan secara teratur sesuai petunjuk dokter agar sel-sel kulitmu menjadi sehat dan kuat, dan tidak mudah terstimulasi menjadi jerawat.